Rabu, 07 Januari 2009

Tanggapan

Untuk Mas Yandi Hermawanidi.

Kami kira dalam konteks Indonesia saat ini, revolusi ekonomi meniscayakan perubahan secara by design. Pergantian menteri dan pejabat seperti yang saudara inginkan hanya bersifat sesaat. Pergantian personil dalam rezim ekonomi memang diakui bisa menyelesaikan ”sedikit” masalah. Karena person sangat menentukan kebijakan. Tapi, dalam jangka panjang, pergantian personil tanpa diiringi perubahan sistem secara radikal dan by design, memberi peluang kembalinya sistem lama yang justru bisa menjerumuskan dan mengeksploitasi rakyat.

Persoalan utama ekonomi bangsa adalah distribusi. Kita yang punya produksi, kita yang punya konsumsi, tapi kita tidak berdaulat dalam kekuatan distribusi. Padahal penguasaan kekayaan justru ada pada rantai distribusi. Penguasa jaringan supermarket global misalnya, yang merambah pelosok negeri mengindikasikan kita bertekuk-lutut pada kapitalis asing pemilik jaringan supermarket.

Jaringan distribusi global baik beroperasi pada pasar riil, finansial, dan portfolio diback-up oleh kekuatan negara-negara maju. Penguasaan ini bersifat struktural. Sehingga memotong jaringan distribusi global sama artinya mengganggu kepentingan negara kapitalis maju. Untuk mengawetkan kepentingan kapitalis asing, diperlukan komparador. Menteri-menteri ekonomi yang bercokol saat ini adalah produk komparador. Sehingga kami setuju, perlu perombakan menter-menteri bidang ekonomi dan keuangan. Tapi, jauh lebih penting melakukan revolusi sistem ekonomi sehingga sistem komparador bisa hilang. Kita harus kembali pada kekuatan domestik kita. Mari membangun kekuatan jaringan distribusi yang berdiri di atas kedaulatan domestik.

MP

1 komentar:

  1. terima kasih atas tanggapan MP terhadap komentar saya. Sebelumnya, saya mau meminta izin mengunduh foto rekan MP dan bapak Nazwar Nazaruddin beserta tulisan tanggapan ini untuk di posting di blog saya. teruskan perjuangan rekan-rekan KRE, MERDEKA....

    BalasHapus